Pengen duit? disini aja

numenmail.com

16 April, 2008

Pengetahuan dasar belajar gitar


Grup chord
Yang terutama dalam main gitar adalah mengerti chord. Minimal mayor dan minor. Mayor dan minor inilah pembentuk nada diatonic (do sampai si). Ini perlu latihan dan pemahaman sedikit.

Hal-hal penting bagi pemula adalah pengetahuan group chord atau grup kunci. Ini akan sangat membantu waktu menentukan root lagu misal A=do. Sehingga waktu mencari kunci dalam satu lagu menjadi gampang. Pengetahuan ini membantu memahami nada dasar dan cara menghapal grup chord.

Contoh:
A=do
Root adalah nada dasar dalam sebuah lagu. Contoh pada lagu dengan root kunci A=do mempunyai grup kunci atau chord adalah sebagai berikut:



Ini berarti kalau ada lagu dengan nada dasar A=do maka kunci dasarnya adalah seperti pada tabel di atas. Mayornya A-D-E dan Minornya B-C#-F#-G#. Dan lagu sebenarnya kan nggak jauh-jauh dari ini tambahannya kan cuma kembangan dari nada dasar ini. Misal pas di E pakai E7. Jadi dengan pengetahuan ini asal udah tau main di mana? Misal A ya Mayor-nya pasti A-D-E. Jadi nggak nyoba-nyoba terus. Kalau emang serius belajar ini pelajaran berharga lho! Kalau pernah denger Nirvana, lagu-lagunya mempunyai beberapa grup chord. Ini ciri khasnya. Aneh tapi nyambung. Kalau tahu dasar ini menghapal lagu Nirvana jadi makin mudah.

Pemahaman grup chord akan semakin mudah kalau kita mempunyai semacam pola atau metode untuk mengingat grup chord tersebut. Berikut adalah pola umum dan mudah diingat:

1. Pola 1-4-5 biasanya internasional menulisnya sebagai I-IV-V atau A-D-E kalau grup pada root A=do merupakan bagian Mayor sisanya ya Minor.
2. Cara lain untuk mengingat adalah dengan jari tangan. Coba namai jempol=1, sampai kelingking=5. Acungkan jari telunjuk dan jari tengah yang lain kuncupkan sehingga menyerupai bentuk kelinci. Yang kuncup adalah jempol, jari manis dan kelingking atau sama dengan I-IV-V ini Mayor sisanya pasti minor.
3. Coba ambil gitar praktekkan pada fretboard. Ambil posisi kunci palang (bar chord) A dibawah A pasti palang D maju dua langkah adalah E. 100% Mayor juga sisanya minor.

Metode menghapal root lagu ini mutlak harus dipahami karena erat kaitannya dengan oktaf vokal. Ini menggampangkan jawaban kalau ada penyanyi minta root lagu macem-macem. Tolong dong mainnya di G. Buat formasi kelinci ya Mayornya G-C-D sisanya minor. Kalau pegang gitar ya tinggal main di chod palang lalu ingat posisi mayor minornya. Gampang kan?

I-IV-V juga adalah dasar nada untuk musik blues. Cuma mainya di A7-D7-E7. Ini ngomong yang standar klasik blues dulu walau sebenarnya ada Mayor dan Minor blues juga kombinasi lainnya. Saya ngomong blues saja walau genre lain pakai. Ini kan site blues.


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Insurance News. Powered by Blogger